Rabu, 27 Agustus 2014

Tips Cara Agar Aman Dan Nyaman Serta Selamat Saat Mudik Lebaran

Cara/ Tips Agar Aman Dan Nyaman Serta Selamat Saat Mudik Lebaran-Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia dari tahun ke tahun, seminggu menjelang lebaran biasanya arus lalu lintas macet dan banyak terjadi kecelakaan, tapi menurut saya mudik itu asyik karena kita akan bertemu sanak saudara di kampung halaman.
Mudik adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh para perantau baik yang bekerja maupun yang sedang belajar disuatu kota atau daerah tertentu untuk pulang ke kampung halamannya Menurut wikipedia.org Mudik berasal dari bahasa jawa, yaitu "Mulih Dhisik" yang artinya pulang dulu ke kampung halamnya dan setelah lebaran kembali lagi ke kota untuk bekerja/ belajar.
Biasanya kita repot sekali ketika akan melakukan mudik lebaran karena banyak hal yang harus disiapkan, baik itu kesehatan, kendaraan, barang bawaan, kontrakan/ rumah yang ditinggalkan, ongkos/ tiket, dll. Dan hal tersebut memang harus dilakukan dengan matang agar mudik lebaran-nya tidak ada hambatan dan selamat sampai tujuan.

Disini Admin akan berbagi tips agar perjalanan mudik lebaran ini aman, nyaman, dan selamat sampai ke tujuan/ kampung halaman masing-masing. diantara tips-tips nya adalah sebagai berikut;

10. Persiapkan kondisi badan anda yang fit sebelum mudik dilakukan 
Kondisi badan yang fit sangat penting bagi anda yang hendak melakukan Mulih Dhisik (mudik) apalagi anda yang mengendari sendiri kendaraannya, oleh karena itu kondisi badan yang fit sangat diperlukan agar perjalanan mudik anda terasa nyaman dan aman.

9. Perhatikanlah barang bawaan anda
Seminggu menjelang lebaran biasanya arus lalu lintas sudah macet/ ramai, maka anda jangan berlebihan dalam membawa barang bawaan karena hal tersebut membuat anda ribet dan rawan kejahatan, bawalah barang bawaan secukupnya dan yang penting-penting saja.

8. Perhatikan rumah/ kontrakan anda yang hendak ditinggalkan sementara
Jangan terburu-buru ketika hendak melakukan mudik, ingat-ingat ! rumah/ kontrakan dan isinya sudah diamankan belum, seperi mematikan listerik, mengunci pintu, mematikan kompor gas, dll.

7. Cek kendaraan anda apabila anda hendak memakai kendaraan pribadi
Periksalah semua keaadaan kondisi kendaraan anda, jika ada yang kurang baik segeralah perbaiki atau bawalah ke bengkel agar mudik anda tidak terasa aman dan nyaman.

6. Persiapkan perbekalan mudik yang komplit
Jangan lupa untuk melengkapi perbekalan mudik seperti makanan, minuman, obat-obatan, dll. karena Fungsi perbekalan ini adalah sebagai asupan energi pemulih stamina disaat anda mulai lelah/ capek.

5. Memilihan waktu 
Agar mudik anda aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan, heee. maka hindarilah mudik di malam hari dan hindari waktu-waktu puncak mudik agar tidak terjebak kemacetan, carilah informasi di televisi dan radio.

4. Hindari membawa uang tunai yang banyak, karena akan meningkatkan resiko kejahatan di dalam perjalanan/
Bawalah uang tunai secukupnya saja, gunakan sarana ATM yang banyak terdapat di pinggir jalan ataupun di pusat-pusat perbelanjaan untuk mengambil uang saat anda membutuhkannya.

3. Berdoa, meminta doa kepada tetangga sekitar yang ditinggalkan mudik dan memohon doa kepada keluarga di kampung halaman.
Setelah poin-poin diatas sudah siap, selanjutnya pemberangkatan mudik. Jangan lupa untuk selalu berdoa sepanjang perjalanan kepada-Nya agar mudik yang anda lakukan diberikan kelancaran, keamanaan dan kenyamanaan serta dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Waspadailah kejahatan di perjalanan
Anda harus berhati-hati diperjalanan jika ada orang yang tidak anda kenal dan bertanya atau meminta tolong kepada anda, maka anda janganlah terlalu menanggapi terhadapnya.

1. Rilek dan jangan terlihat kampungan 
Yupz, yang terakhir adalah rilek dan jangan terlihat kampungan, karena sikap tersebut rawan kejahatan.
bersikaplah seperti biasa.

Mungkin cuma sepuluh saja tips mudiknya dari saya, semoga dapat membantu dan mudik lebaran 2013 selamat/ tidak ada suatu hambatan apapun.

Terima kasih.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Bacaan Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger